Senin, 25 Mei 2015

WINDOWS 7

Sejarah Perkembangan Windows
Semakin pesatnya dunia teknologi dan berkembangnya perteknologian di Indonesia khususnya di bidang perkomputeran, dan banyaknya beredar jenis system operasi termasuk windows 7 merupakan salah satu alas an dari penulis menyusun makalah ini. Windows 7 adalah rilis terkini Microsoft Windows yang menggantikan Windows Vista. Windows 7 adalah sistem operasi terbaru keluaran Micosoft. Berbeda dengan Windows Vista, Windows 7 jauh lebih ringan loadingnya tetapi vitur yang ditawarkan jauh lebih banyak. Dengan berbagai penyempurnaan disana-sini windows 7 tampil elegant dan banyak diminati para user. Menutur penuturan Wikipedia disebutkan bahwa Windows ini memiliki kernel NT 6.1.
Microsoft mengumumkan bahwa pengembangan Windows 7 akan berjalan dalam tiga tahun. Versi klien dari Windows 7 akan dirilis dalam versi 32-bit dan 64-bit walaupun versi servernya (yang akan menggantikan Windows Server 2008) akan dirilis hanya dalam versi 64-bit, yang akan dinamakan Windows Server 2008 R2. Komputer akan memberitahu jika terjadi perubahan pada komputer tersebut. Windows 7 diluncurkan pada tanggal 22 Oktober 2009. Setiap pengguna akan mendapat perlindungan tiga lapis jika ada permintaan mengunduh file dari yang tak dikenal. Windows 7 didesain dengan fitur baru dan peningkatan performa dari Windows Vista. Dengan kata lain, windows 7 hadir dengan berbagai kelebihannya yang tidak dimiliki oleh windows-windows sebelumnya.
Fitur Windows 7
ü  Action Center, memungkinkan kita mengatur alert atau peringatan apa saja yang Windows 7 boleh tampilkan, sangat berguna untuk mengontrol UAC Messages yang memang tidak bisa didisable secara permanen
ü  Aero Shake, Klik dan goyangkan satu jendela atau Windows yang sedang terbuka, maka program ataupun windows lainya yang berada di belakang akan secara otomatis ter-Minimize
ü  Aero S
ü  nap, drag salah windows ke salah satu ujung desktop (atas, kiri atau kanan) maka secara otomatis Windows tersebut akan me-resize.
ü  Aero Peek, Arahkan mouse anda ke ujung bawah sebelah kanan maka secara otomatis windows atau program yang sedang aktif akan menjadi transfaran sehingga anda bisa melihat gadget atau icon yang ada di desktop atau bisa juga dengan menekan tombol Windows+Space
ü  Aero Templates dan Theme, kumpulan theme yang unik untuk Windows 7. Untuk mengakses dan menginstal Theme tersembunyi di Windows 7, silahkan ketikan pada kolom Search Program and Files di Star Menu "C:\Windows\Globalization\MCT" tanpa tanda kutip, dan sesuaikan drive C dengan lokasi instalasi Windows 7 anda. Disini kita bisa mendapatkan theme unik sesuai dengan lokasi wilayah yakni Australia, Kanada, Inggris,  sampai Afrika.
ü  Device Stage, fungsinya untuk mempermudah kita melihat device apa saja yang tersambung ke laptop atau komputer kita, seperti bluetooth, kamera, printer, sampai kepada flashdisk ataupun kartu memori.
ü  Gadgets, telah ada di Windows Vista namun di Windows 7 kali ini tidak ada lagi yang namanya Sidebar, itu artinya kita bisa meletakkan Gadgets dimana saja di desktop kita.
ü  Libraries, sesuai namanya disini kita bisa dengan mudah mencari mengorganisir file music, dokumen lainnya, foto sampai kepada video.
ü  Location Aware Printing, sangat berguna terutama bila anda sering menggunakan laptop anda berpindah-pindah  tempat, misal di rumah, kantor ataupun warnet. Dengan adanya Location Aware Printing, Windows 7 akan mengingat printer sampai jaringan yang digunakan, sehingga ketika anda berada di rumah secara otomatis Windows 7 akan mempergunakan default printer yang ada di rumah, bila anda beralih ke kantor, Windows 7 pun akan secara otomatis mengingat printer yang di kantor.
ü  Windows Media Player 12, kalau anda sering memainkan file berformat 3GP, jangan khawatir di Windows 7 anda tidak perlu menginstal program khusus untuk memutar file 3GP, sebab WMP 12 telah mendukung file tersebut.
ü  Windows Touch, kalau anda punya laptop yang touchscreen maka Windows 7 telah mendukung fitur touchscreen tersebut.
ü  Windows XP Mode, memungkinkan kita untuk menjalankan Sesi XP untuk program-program yang memang tidak kompetible dengan Windows 7. 
B.            Windows 7 Home Basic
                Windows 7 Home Basic adalah sebuah edisi entry-level yang ditawarkan di sejumlah pelanggan baru dengan harga yangsangat kompetitif. Windows 7 Home Basicmembuat lebih cepat dan lebih mudah untuk sampai ke program dan dokumen yang paling sering digunakan, sehingga Andadapat menghabiskan lebih sedikit waktu melihat dan lebih banyak waktumelakukan hal-hal yang ingin Anda lakukan. Selain manfaat yang ditemukan diWindows 7 Starter, Home Basic meliputi:
  • Live thumbnail previews dukungan jaringan yang lebih lengkap (jaringan nirkabel dan sharing koneksi internet)
  • Kemampuan untuk memperluas layar Anda di beberapa monitor Edisi terbaik bagi konsumen.
Fitur Utama:
  • Multiple monitor, fast user switching (berganti user),desktop wallpaper, desktop windows manager, network printing,internet connection sharing, sebagian windows aero.
Keterbatasan:
  • Tidak bisa membuat Homegroup baru, tidak disertakanDVD decoder (MPEG-2 dan Dolby Digital), tanpa multi touch, premiumgames, Windows Media center, tidak ada Multi bahasa, dukunganWindows Aero tidah penuh.
  1. Windows 7 Proffesional
                Windows 7 Professional memiliki semua fitur yang Anda butuhkan untukbisnis, bersamaan dengan fitur media dan hiburan yang hebat di Windows 7Home Premium. Anda akan dapat menjalankan banyak program produktivitasWindows XP di Windows 7 atau dengan menggunakan Windows XP Mode, danrecover data Anda dengan mudah menggunakan backup otomatis. Andapundapat terhubung ke jaringan perusahaan dengan mudah dan lebih aman.Sebagai fitur tambahannya :
  • Domain join, yang memberikan kemampuan untuk bergaung ke managedWindows Server network.
  • Advanced Backup dan Restore untuk menolong Anda melakukan back upkeseluruhan sistem ke jaringan rumah atau bisnis, dan Encrypted File Systemuntuk membantu melindungi data Anda.
  • Windows XP Mode, untuk menjalankan aplikasi produktivitas yangterdahulu yang membutuhkan Windows XP.
  • Location Aware Printing, yang membantu Anda menentukan defaultprinter yang berlainan untuk jaringan rumah dan kantor.
Fitur Utama:
  • Windows XP Mode, Domain Join, Remote desktop host,location aware printing, mobility center, presentation mode, offlinefolder
Keterbatasan:
  • BitLocker, BitLocker toGo, AppLocker, Direct Access,Branche Cache, MUI Language Pack, booting dari VHD
Kelebihan & kekurangan windows 7
1.Kelebihan :
a. proses boot/shut down lebih cepat
b. konsumsi daya CPU, hard disk (HD) dan memori yang dibutuhkan       system  service lebih sedikit
c. Mengoptimisasi prefetching baik untuk HD maupun SSD
d. Tampilan Lebih bagus dari segi 3 demensinya yang menonjol
e. Fitur sekurity yang benar-benar ketat.
2.Kelemahan / Kekurangan

a. Beberapa aplikasi belum bisa beroperasi di Windows 7
b. Bug pada Windows Player 12
c. Ada hardware yang bisa langsung dikenali di Vista, tapi tidak di     Windows

Tidak ada komentar:

Posting Komentar